Orang Pendek Legenda Manusia Kerdil Dari Sumatera

Diposkan oleh Algo Wijaya on Senin, 18 Juli 2011

Lama banget blognya gak apdet, akhirnya setelah ngubek-ngubek google dapet juga inspirasi buat nulis. Oke,,, kali ini saya bakal posting tentang Orang Pendek makhluk cryptid yang konon katanya mendiami hutan-hutan di Pulau sumatera.

 Ehh,,, salah bukan yang ini gambarnya...


Ini dia gambar ilustrasi Orang Pendek...
Orang Pendek adalah sesosok mahluk yang keberadaannya sudah sangat melegenda di kalangan Suku-suku pedalaman di Sumatera. Orang Pendek digambarkan memiliki tubuh seperti kera namun berjalan tegap seperti manusia. Pada era penjajahan Belanda  ada banyak laporan penampakan mahluk aneh yang diduga sebagai Orang Pendek yang dialami oleh Penduduk local Sumatera maupun yang dialami oleh orang-orang belanda. Kebanyakan saksi mendeskripsikan Orang Pendek memiliki tinggi tubuh tak kurang dari 1 meter, seluruh tubuhnya ditutupi bulu  kecuali bagian wajah, berjalan tegap seperti manusia, memiliki telapak kaki terbalik, dan yang paling mengejutkan adalah Orang Pendek ini kadang terlihat sedang memegang sebuah senjata seperti tombak di tangannya.

Salah satu penampakan Orang Pendek adalah yang dialami oleh Mr Van Heerwarden yang merupakan seorang peneliti Zoologi. Pada tahun 1923 Van Heerwarden sedang melakukan penelitian di Taman Nasional Kerinci Seblat, dan pada saat melakukan penelitiaan itulah  Van Heerwarden mendapatkan pengalaman bertemu dengan sekelompok Orang Pendek yang ia deskripsikan memiliki bulu gelap diseluruh tubuhnya dengan tinggi setara dengan anak berumur 4 tahun. Saat menyadari keberadaan Van Heerwarden mahluk-makhluk tersebut langsung lari menghindar dan masuk ke dalam hutan. Hal yang paling membuat Van Heerwarden terheran adalah sebagian makhluk tersebut terlihat sedang membawa semacam alat seperti tombak di tangannya dan mereka berjalan tegap seperti manusia , meskipun menurutnya makhluk tersebut memiliki tubuh yang lebih mirip dengan seekor siamang daripada manusia. Bentuk makhluk yang aneh tersebut membuat Van Heerwarden berpikir bahwa mungkin makhluk tersebut belum pernah dikenal dunia sains sebelumnya.

Pada tahun 1918, seorang pemburu melihat jejak kaki yang mirip dengan jejak kaki manusia namun dengan bentuk dan ukuran yang sangat tidak biasa. Saat sang pemburu sedang menyusuri area hutan tersebut ia dikejutkan dengan sesosok makhluk berbulu hitam lebat sedang memanjat diatas pohon.

Sampai saat ini Sudah banyak sekali ekspedisi dilakukan untuk mencari kebaradaan makhluk ini(paling banyak dilakukan di Taman Nasional Kerinci). Dan rencananya, pada tahun ini(2011) Britain’s Center for Fortean Zoology (CFZ) akan melakukan sebuah ekspedisi di pedalaman hutan Sumatera untuk menyelidiki Orang Pendek. Ekspedisi tersebut rencananya akan dipimpin oleh Adam Davies. Sebelumnya pada tahun 2009 CFZ juga pernah melakukan ekspedisi Orang Pendek di Sumatera, pada ekspedisi 2009 tersebut dua orang  anggota CFZ yaitu Dave Archer dan Sahar Didmus mengaku melihat orang pendek sedang berdiri di dekat sebuah pohon dengan mata kepala mereka sendiri. Tim tersebut juga mengklaim telah berhasil menemukan jejak kaki yang diyakini milik orang pendek.

                                                    Tengkorak Homo floresiensis (Sumber: Wikipedia)
Siapa atau apa sebenarnya Orang pendek itu sampai sekarang masih menjadi misteri karena tak ada satupun yang berhasil ditangkap hidup-hidup atau minimal pernah ditemukan bangkainya. Beberapa ahli berpikir bahwa Orang Pendek adalah sisa-sisa dari Homo floresiensis (Dijuluki hobbit), manusia purba dari Flores yang punah ribuan tahun lalu yang berhasil bertahan hidup hingga sekarang, karena cirri-ciri Orang Pendek yang dikatakan oleh para saksi sangat mirip dengan karakteristik Homo floresiensis. Lalu benarkah bahwa Orang pendek adalah Homo floresiensis yang bisa bertahan hidup hingga zaman modern ini?       
                                                                                                       

{ 14 komentar... read them below or add one }

Alfa84 mengatakan...

Klo di kampung ane juga sering ada yang ngliat makhluk yang serupa gan.. mereka menyebutnya MASYUMAI...
Tapi orang kampung ane lebih percaya klo tu adalah jelmaan makhluk gaib..
Ciri yang paling terlihat dari makhluk ini konon katanya memiliki posisi telapak kaki yang terbalik.. jejak yang di tinggalkan itu seperti kita berjalan mundur,,
jadi klo ada orang yang menemukan jejaknya pasti tertipu, mengira arah kemana dia pergi..

Algo Wijaya mengatakan...

Situ orang Sumatera ya?

mBex mengatakan...

nice share bro:) jadi tau ane di Indo ada hobit :D

Algo Wijaya mengatakan...

Ralat gan Hobbit adalah julukan bagi Homo floresiensis, manusia purba asal Pulau Flores yang hidup dari 94.000 hingga 13.000 tahun yang lalu,,,

Tips n Trick mengatakan...

singgah sambil baca-baca :)

Panduan-Info mengatakan...

Saya dl kalo ga' salah jg pernah denger ttg ini tp di pulau kalimantan sob,wah kayaknya saya salah dpt info nih.
Kalo di barat sono ada yg namanya big foot lha kalo 'indonesia poenya' malah small foot ya sob..kita emank ga' pernah mau ketinggalan ma bangsa eropa sono tp sayangnya sll ketinggalan dr segi ukuran..huft hehehehe

Algo Wijaya mengatakan...

@Panduan info: ane juga pernah denger di Kalimantan ada mahluk sejenis orang pendek,,, kalo gak salah namanya loklok. Coba cek ke tante Gugel!

AMoeBa mengatakan...

wah fotonya yg atas sendiri kayaknya salah gan...
wkwkwkwk justkid....

SELAMAT DATANG DI BLOGKU mengatakan...

hahaha foto paling atas lucu :)

wah hebat bisa bertahan hingga sekarang , hmm hebat

nice share gan

fiyan mengatakan...

wah canggih nih :)

kereeeenn

cara menurunkan hipertensi mengatakan...

Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

diet hipertensi mengatakan...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

gejala hipertensi mengatakan...

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

makanan untuk hipertensi mengatakan...

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Poskan Komentar